Selasa, 26 Maret 2013

Cara Menghitung Persen


Contohnya misalkan harga baju adalah Rp. 30.000 kemudian baju tersebut mendapat diskon 5%, bagaimana mencari 5% dari 30.000, dan berapa harga sebenarnya dari baju tersebut. rumusnya ialah:
Cara I:
nilai persen = [nilai persen]x[100]x[nilai pecahan]
5:100×30.000 = 0.05 x 30.000 = 1.500
Atau cara II:
nilai persen = [nilai persen]x[nilai pecahan]/[100]
5×30.000/100 = 1.500
Jadi harga baju = 30.000 – 1.500 = 28.500
Contoh lain, misalkan kita sudah mengetahui nilai dari suatu pecahan dan ingin mencari persentasenya, seperti contoh diatas kita akan mencari 1.500 dari 30.000 itu berapa persen-nya? maka dapat kita hitung dengan rumus sebagai berikut:
persen = [nilai]:[nilai pecahan]x[100]
1.500:30.000×100 = 5%.

21 komentar:

  1. makasih mas semoga bermanfaat ilmune,,suwun y

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas atas pencerahan nya

    BalasHapus
  3. Akhirnya Laporan Akhit Tahun Selesai Juga...^^

    BalasHapus
  4. Bung aku hutang di leasing Rp 10,000,000 angsuran saya perbulan Rp 1,208,000 dengan tenor 11 x,,,,,,
    Pertanyaan saya berapa persen bunga saya per bulan/ per tahun??????
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.208.000 x 11 = 13.288.000
      13.288.000 - 10.000.000 = 3.288.000 (bunga per tahun)
      Kalo di persenkan 32,88% per tahun

      Hapus
    2. Ralat itu bunga per 11 bln kalo pertahun kan 12 bulan

      Hapus
  5. allhamdulillah jadu tahu deh rumus a , makasih y mas

    BalasHapus
  6. Masalah beginian sih adek aku yang masih TK aja bisa jawab Gan..
    makanya Gan klo disuruh sekolah ya sekolah jgn ngebok*p aja kerja an mu...

    BalasHapus
  7. makasih ya.. saya jd ingat lagi rumusnya..

    BalasHapus
  8. pak maaf saya mau tanya,saya punya kwh 7700,kalau saya isi dengan vocer 1.500.000 masuknya berapa ke kwh saya

    BalasHapus
  9. 5/10 *100 % =%
    samakan dulu pembilangnya
    5/10*100/100 = %
    50/100*100/100 = %
    5000/100 = 50 %

    BalasHapus
  10. 16 buah segar, 7 buah busuk, berapa persen buah yang busuk?
    100*7/16 = 44 %

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukankah jumlah buahx 23 bos. 16 segar+ 7 yg busuk .
      tuk persentase buah yg busukx mnrut ane ya 100*7/23=30.4% .

      Hapus
  11. mohon pencerahannya gan!

    harga AYAM GORENG Rp 9.091 +(tax 10%) Rp 909= 10.000

    nah gimana kalo dikasih tau harga 10.000, lalu dikasi tau taxnya 10%
    dicari harga pokoknya.
    mohon pencerahannya gan, ane ngulik rumusnya di excel ga dapet2 angka 9.091 nya.
    makasih sebelumnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga Rp 9.091 itu adalah harga 100%, bila ditambah 10% (909) menjadi Rp 10.000. Jadi Harga Rp 10.000 itu bila dihitung persentasenya adalah 110%.
      100% = 9091
      10 % x 9091 = 909
      110% = 9091 + 909 = 10.000

      - Kalau tax-nya 10%
      Rp 10.000 / 110% = Rp 9.091
      - Kalau tax-nya 15%
      Rp 10.000 / 115% = Rp 8.696
      - Kalau tax-nya 20%
      Rp 10.000 / 120% = Rp 8.333

      Dan seterusnya...

      Hapus
    2. bener gan... kok ga kepikiran ya...

      thank you gan.

      Hapus
  12. SANGAT MEMBANTU.....HATRNUHUN.....!

    BalasHapus
  13. sore bang ,
    saya mau nanya perhitungan seperti ini gimana ya
    56.000.000 x ... % = 70.000.000
    gimana cari persen nya itu ya
    Thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf salah, ralat jadi begini :
      % = 70.000.000 : 56.000.000 x 100
      % = 125
      jadi, 125 %

      Hapus